GrandeMedia

Dampak Teknologi Pada Komunikasi

dampak-teknologi-pada-komunikasi
Perkembangan teknologi telah sangat meningkatkan gaya hidup kita. Hal ini menimbulkan dampak teknologi pada komunikasi dalam tiap-tiap aspek kehidupan juga. Perkembangan komunikasi telah mengalami kemajuan besar, dari sebuah simbol sampai ke ponsel model terbaru! Setiap abad menjumpai sebuah penambahan baru dalam cara berkomunikasi. Penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875 adalah penemuan teknologi pertama yang berdampak pada komunikasi manusia sampai jumlah besar-besaran. Penemuan lain berikutnya seperti internet, ponsel, dan sebagainya, yang selanjutnya mendorong dan merubah proses komunikasi.

Pengaruh Teknologi Pada Komunikasi

Semuanya memiliki dampak, entah itu positif ataupun negatif. Kita akan membahas dampak dari elemen teknologi populer seperti email, telepon, ponsel, dll, pada cara kita berkomunikasi. Ponsel dan internet secara harfiah adalah kebutuhan dasar sekarang ini. Kebanyakan orang akan merasa ada sesuatu yang hilang dalam kehidupannya, apabila tidak ada ponsel atau internet. Setuju ?

Ambil rutinitas sehari-hari dari seseorang di dunia kecerdasan teknologi ini. Hari dimulai dengan sebuah pesan 'good morning' di situs jejaring sosial dan berakhir dengan 'good night' di situs yang sama. Situs jejaring sosial menjadi sebuah dunia dalam diri mereka sendiri. Ada penggunaan ponsel dan internet secara terus menerus untuk komunikasi, hampir sepanjang hari. Untuk membuat proses cepat dan mudah, ada cara seperti email, teleconference, video conference, atau situs jejaring, di antara alat-alat lain. Mobiles, email, dan situs jejaring sosial adalah cara komunikasi yang paling populer di antara generasi sekarang.

Dampak Positif

Teknologi telah mengubah peristiwa besar dunia dan jauh ke dalam sebuah desa global yang kecil. Berkat teknologi, sekarang kita memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan siapapun dan di sisi dunia manapun.

  • Tidak ada hambatan: Komunikasi sekarang mudah; dalam sebuah situasi ketika anda ingin menyampaikan sesuatu yang penting kepada seseorang, ponsel dan email dapat berguna.
  • Memperkuat hubungan: Teknologi telah membuatnya mudah untuk tetap berhubungan dengan koneksi lama, dan juga membantu memperkuat hubungan tentunya.
  • Solusi yang lebih baik: Teknologi telah membawa dunia lebih dekat dan bertukar pemikiran untuk mencari solusi yang lebih baik atas masalah apapun.
  • e-School: Layanan seperti video conference memungkinkan untuk memberikan pendidikan terbaik pada siswa melalui pengajar ahli di web.
  • Dampak terhadap hubungan: Menemukan seseorang untuk kencan tidak begitu sulit, karena berkat situs-situs kencan dan chatting! Tidak seorangpun akan setuju jika saya mengatakan - Teknologi adalah rasional di balik kesuksesan hubungan jarak jauh. Video chatting dan situs jejaring sosial telah memainkan peran besar dalam menjaga orang untuk tetap berhubungan.
  • Pembangunan: Kemajuan teknologi dalam cara berkomunikasi telah mempercepat dalam pengambilan keputusan, dan menyebabkan pertumbuhan dan kemajuan dunia. Sebagian besar pebisnis tergantung pada teknologi untuk berkomunikasi.

Dampak Negatif

Efek negatif yang paling menonjol dari teknologi - daya tarik dunia lama yang baik telah hilang. Surat-menyurat dan percakapan face-to-face sebagian telah menghilang, yang telah digantikan oleh SMS atau chatting.

  • Dampak pada komunikasi interpersonal: Generasi saat ini tidak memiliki keterampilan interpersonal yang penting (kemampuan untuk mengekspresikan ide-ide dan pemikiran kepada orang lain face-to-face). Alasan utama untuk kecenderungan ini adalah meningkatnya frekuensi komunikasi melalui SMS dan chatting di website.
  • Efek pada komunikasi nonverbal: Teknologi berarti juga dalam mempengaruhi komunikasi nonverbal. Kurangnya interaksi face-to-face telah mengurangi kekuatan menyerap nonverbal individu.
  • Dekat namun jauh: Terutama remaja yang selalu terhubung ke situs jejaring sosial. Mereka lebih dekat dengan teman-teman secara online, tetapi kesenjangan antara orang tua dan anak-anak terus meningkat pesat.
  • Mengurangi interaksi sosial: Pikirkan bersosialisasi dengan orang-orang. Kehidupan telah banyak berubah, tidak ada pertemuan sosial dan kumpul-kumpul (frekuensi telah berkurang). Orang lebih peduli pada kehidupan online mereka daripada kehidupan sosial yang nyata.
  • Menyebabkan banyak kecanduan: Orang-orang benar-benar menjadi kecanduan internet dan ponsel, dan kecanduan ini telah menyebabkan banyak kegelisahan. Orang-orang yang kecanduan internet merasa kesepian dan terisolasi.
  • Motif berbahaya: Banyak orang menyalahgunakan situs jejaring sosial dan berkomunikasi dengan seseorang yang tidak menaruh curiga dan berpura-pura menjadi orang lain. Orang dengan kecenderungan ini lebih banyak melakukan tindakan yang merugikan atau berbahaya daripada melakukan atau beritikad baik.

Seperti yang anda lihat, dampak teknologi pada komunikasi, baik positif maupun negatif. Tetapi secara logis, teknologi telah menjadikan proses komunikasi lebih baik. Poin positif dari kemajuan teknologi menutupi poin negatif. Itu semua tergantung pada bagaimana kita menggunakan cara ini, menggunakan sarana teknologi komunikasi untuk tujuan yang benar.

Kritik dan saran yang membangun selalu terbuka di bawah halaman ini.

Get free daily email updates now !

Follow us on :

Ditulis oleh : GrandeMedia | 05 September 2012

Belum ada komentar untuk "Dampak Teknologi Pada Komunikasi"

Post a Comment