GrandeMedia

Strategi Mengajar Yang Efektif 1

strategi-mengajar-efektif
Kebanyakan para guru mencari cara agar mereka dapat mengaktifkan para siswa yang tidak tertarik menjadi penuh ketertarikan atau responsif dalam kegiatan pembelajaran. Jawabannya terletak pada strategi mengajar yang efektif dimana melibatkan para siswa dalam proses untuk membuat kegiatan pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Membuat belajar menyenangkan? Kita semua tahu, lebih mudah mengucapkan daripada melakukan. Tetapi, berpikir kembali ke hari-hari dimana anda masih sekolah, bagaimana anda akan menyelaraskan ketika guru tertentu terus mengajar dengan cara yang membosankan. Itu, jelas, bukan guru yang anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa strategi efektif yang mungkin dapat membantu kelas anda menjadi lebih hidup.

Kuis Terbuka ( Open-ended Quizzes )

Kuis terbuka benar-benar memberikan tantangan bagi para siswa untuk berpikir dan memberikan solusi atau jawaban dari metode berpikir mereka sendiri. Tujuan dari kuis ini adalah kebalikan langsung dari kuis-kuis biasa yang mengharuskan siswa untuk menghafal dan mengucapkan kembali. Sebuah metode yang menarik untuk digunakan adalah memberikan para siswa lembaran ujian untuk dibawa pulang yang harus siswa serahkan setelah periode beberapa minggu. Sekarang adalah bagian menariknya: siswa yang menghasilkan jawaban saat itu juga akan mendapatkan nilai minimal. Sedangkan nilai yang lebih tinggi akan diberikan kepada siswa yang mampu memberikan pemahaman yang lebih dalam dari materi yang diberikan tersebut, kemampuan untuk menerapkan teknik dari disiplin ilmu yang lain, dan kemampuan untuk mengevaluasi.

Menunjukkan dan Memberitahu ( Show and Tell )

Konsep "Show and Tell" adalah salah satu konsep yang dikenal oleh sebagian besar guru. Meskipun mungkin tampil sebagai suatu kegiatan yang menarik, manfaatnya jauh lebih dalam. Salah satu aspek terbaik dari konsep menunjukkan dan memberitahu adalah dapat digunakan untuk para siswa pada setiap kelompok usia. Salah satu tujuan utama metode ini adalah membalikkan peran siswa menjadi seorang guru. Untuk menjelaskan konsep kepada siswa yang lain, seorang siswa harus lebih dulu benar-benar memahami konsep tersebut. Hal ini mengharuskan siswa untuk memahami dan menganalisis subjek yang dipilih secara lebih dalam dan membentuk garis pemikiran yang jelas untuk dapat menjelaskan sebuah materi untuk rekan-rekan mereka.

Kuliah Interaktif

Kuliah adalah salah satu metode lama yang digunakan untuk mengajar pada sekelompok siswa yang berjumlah besar. Sebuah sesi biasa dan sederhana biasanya memungkinkan siswa untuk mendengarkan secara pasif, tanpa mendorong partisipasi secara aktif. Untuk mengambil perhatian para siswa, guru bisa mencoba untuk membuat kuliah lebih interaktif dengan menggunakan teknik mendorong siswa untuk berpartisipasi secara sukarela. Sebagai contoh, siswa dapat diberikan pertanyaan tertentu yang dapat didiskusikan dengan teman mereka dan secara bersama mengambil jawaban akhirnya. Demonstrasi adalah cara lain yang menarik untuk membuat kuliah lebih interaktif.

Itulah 3 strategi mengajar yang efektif yang dapat anda praktekan secara langsung saat anda mengajar. Sebenarnya masih banyak strategi-strategi yang lain. Dikarenakan keterbatasan waktu, strategi-strategi berikutnya akan menyusul. 

Bersambung ke Strategi Mengajar Yang Efektif 2.

Get free daily email updates now !

Follow us on :

Ditulis oleh : GrandeMedia | 11 August 2012

Belum ada komentar untuk "Strategi Mengajar Yang Efektif 1"

Post a Comment